Bonsai - Tanaman bonsai adalah salah satu jenis tanaman yang sangat menarik dan bisa Anda rawat sendiri di rumah. Merawat berbagai bentuk tanaman adalah hal yang sangat baik. Dengan merawat tanaman sendiri di rumah maka Anda bisa memiliki hobi baru yang positif dan bermanfaat. Ada banyak sekali jenis tanaman yang bisa Anda tanam di rumah dan menjadi penghias rumah yang baik, salah satunya adalah bonsai.

Tanaman bonsai adalah salah satu jenis tanaman yang lucu dan mempunyai bentuk yang berbeda dari tanaman pada umumnya. Karena keunikannya, tanaman bonsai menjadi salah satu tanaman yang dibudidayakan secara profesional ataupun bisa dirawat langsung di rumah Anda. Apabila tertarik untuk merawat bonsai sendiri di rumah, maka pada artikel kali ini akan membahas mengenai:

1. Asal Usul Tanaman Bonsai

Ada banyak sekali jenis tanaman yang bisa Anda tanam langsung di rumah dan membuat rumah menjadi lebih hijau dan indah. Setiap tanaman mempunyai bentuknya yang berbeda-beda dan Anda bisa menyesuaikan tanaman apa yang ingin ditanam di rumah. Jika rumah Anda tidak terlalu besar maka salah satu jenis tanaman yang bisa menjadi opsi adalah tanaman bonsai.

Dilansir dari Wikipedia, tanaman bonsai adalah salah satu tanaman hias yang berasal dari negara Jepang yang sudah melewati proses kultivasi yang rumit agar bisa tumbuh di dalam tempat berukuran kecil dan memiliki tinggi yang kerdil. Tanaman ini sengaja dibuat untuk menciptakan sebuah kesan yang menarik untuk dipandang dan bisa memberikan kepuasan tersendiri saat merawatnya.

Membuat tanaman bonsai tidak bisa dilakukan secara sembarangan karena membutuhkan proses yang sangat panjang serta kesabaran agar tanaman bisa tumbuh dengan baik dan memiliki ukuran yang sesuai.

2. Bonsai Kelapa

Mungkin banyak yang mengira bahwa tanaman kelapa yang memiliki ukuran besar tidaklah mungkin untuk dikecilkan. Padahal dalam kenyataannya, ada banyak sekali pecinta tanaman yang memilih kelapa untuk dijadikan bonsai dan mempunyai ukuran yang kecil.

Merawat tanaman bonsai kelapa juga membutuhkan ketelitian yang tinggi karena jika tidak tanaman akan kekurangan gizi dan tidak akan bisa tumbuh. Dilansir dari Bukalapak Review, tanaman bonsai membutuhkan penyiraman yang lebih sering agar tanaman tidak mengering.

3. Bonsai Serut

Jika Anda senang mempunyai tanaman berukuran kecil dan lengkap dengan daun yang berukuran kecil juga maka Anda bisa mencoba untuk menanam tanaman bonsai serut. Saat menanam bonsai serut, carilah bonggol bonsai serut yang mempunyai batang yang kuat. Tanamlah bonsai serut tersebut pada media tanam dan pot berukuran kecil. Potonglah dahan pohon serut secara rutin agar pertumbuhannya tetap bisa dibatasi.

4. Bonsai Kemuning

Apabila tertarik untuk mencari tanaman bonsai yang berbeda dan tidak biasa maka Anda bisa menanam tanaman kemuning untuk dijadikan bonsai. Tanaman bonsai kemuning mempunyai batang dengan permukaan kulit yang berkerak dan berkarakter. Tidak hanya itu saja, batang yang dimiliki tanaman kemuning juga sangat unik dan membuat tanaman ini sangat lucu untuk menjadi bonsai.

5. Bonsai Beringin

Koleksi tanaman bonsai di rumah Anda tidak akan lengkap tanpa adanya tanaman bonsai beringin. Bonsai beringin adalah tanaman yang memiliki popularitas sangat tinggi dan menjadi favorit bagi pecinta tanaman. Bentuk batang yang besar dan akar gantung yang sangat indah menjadi daya tarik tersendiri dari tanaman bonsai beringin.

Cara Merawat Bonsai

Tanaman adalah salah satu makhluk hidup yang perlu dirawat dengan baik agar bisa tumbuh dengan indah. Merawat tanaman bonsai adalah sebuah perjalanan panjang yang perlu dilakukan dengan teratur agar bonsai yang Anda tanam bisa tumbuh dengan baik dan indah. Di bawah ini adalah beberapa cara untuk merawat bonsai di rumah dengan mudah:
  • Pertama-tama, kenali terlebih dahulu tanaman bonsai apa yang akan Anda rawat karena setiap tanaman bonsai membutuhkan asupan gizi dan air yang berbeda-beda. Perlu diperhatikan bahwa jangan pernah memberikan air terlalu banyak karena tanaman bonsai akan menjadi busuk dan tidak bisa tumbuh.
  • Karena ukuran pot dan tanah yang kecil, tanaman bonsai membutuhkan asupan pupuk lebih banyak dibandingkan tanaman biasa. Berikanlah pupuk cair secara rutin dengan menyemprotkannya ke dalam tanah.
  • Letakkanlah pohon bonsai pada sebuah tempat yang cukup terkena matahari agar daun dan batang bisa tumbuh dengan kuat.
  • Dikutip dari Bonsai Empire, jangan lupa untuk terus memotong batang dan dahan yang tumbuh tinggi dan berdempetan agar ukurannya bisa terjaga.

Itulah cara merawat bonsai di rumah. Sebagai referensi Anda bisa Cek listing properti di Jawa Tengah kisaran Rp300-Rp600 juta luas 90 meter persegi. Pastikanlah agar tanaman yang Anda rawat mendapatkan asupan gizi yang cukup dan secara rutin Anda potong dahan yang tumbuh terlalu besar agar ukurannya bisa tetap sama.

Sumber : www.rumah.com