Baca-Berita.com - Video viral di media sosial memperlihatkan warga tengah mengikat tangan dan kaki diduga maling motor yang beraksi di Jalan Kenanga, Kelurahan Mangkukusuman, Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah Kamis (22/7/2021) malam.

Dalam video amatir yang diunggah akun Facebook Kanaya Gingsul, nampak beberapa warga mengamankan seorang pelaku pencuri motor seorang diri. Pemilik akun juga menuliskan narasi "Maling motor di sebelah kosanku. Ketahuan akhirnya ditangkap warga di Jalan Kenanga, Tegal Timur.

Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari melalui Kepala Satreskrim AKP Syuaib Abdullah saat dikonfirmasi membenarkan adanya peristiwa itu. Pelaku diketahui berinisial NR (31) warga Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat, dan sudah diamankan di sel tahanan Mapolres.

"Ya benar, maling motor kepergok warga dan sempat dipukuli warga yang geram. Jadi saat dibawa ke Polres, pelaku sudah babak belur," kata Syuaib, di Mapolres Tegal Kota, Jumat (30/7/2021).

Syuaib menjelaskan, aksi pencurian terjadi pada Kamis (22/7/2021) sekitar pukul 20.30 WIB. Saat itu pemilik motor tengah berkunjung ke rumah tunangannya dan mendengar suara mencurigakan dari luar rumah. "Saat keluar rumah, korban melihat pelaku menyalakan motor korban dimana lampu sepeda motornya sudah menyala," kata Syuaib.

Seketika itu korban sempat menegur dan menanyakan siapa pelaku. Namun pelaku langsung melarikan diri. Dibantu warga sekitar, korban mengejar pelaku.

Hingga akhirnya pelaku ditangkap dan menjadi bulan-bulanan. "Pelaku akhirnya berhasil ditangkap dan dipukuli oleh warga hingga babak belur sebelum akhirnya diserahkan ke kepolisian," kata Syuaib. Pelaku NR, di hadapan polisi mengakui mencuri sepeda motor bersama temannya yang berhasil kabur.

Dua orang terduga rekan pelaku saat ini masih diburu polisi. Hasil pendalaman polisi, NR diketahui seorang residivis dan sedikitnya dua kali melakukan aksi pencurian sepeda motor di wilayah Kota Tegal. Selain menangkap pelaku, sejumlah barang bukti yang diamankan yaitu satu unit sepeda motor dan tiga buah kunci leter T.

Sumber : kompas.com