Baca-Berita.com - Pesawat terbaru militer Rusia Kubinka Il-112 terjatuh saat melakukan uji terbang dari Lapangan Terbang Kubinka ke Zhukovsky, Selasa (17/8/2021).

Dalam video yang dibagikan akun Twitter @novaya_gazeta, memperlihatkan detik-detik mengerikan saat mesin pesawat militer tersebut terbakar. Awalnya pesawat tersebut baru saja take off dan mengudara.

Tak berapa lama, tiba-tiba api muncul dari bagian tubuh pesawat dan membuat pesawat oleng lalu terjatuh ke pepohonan. Beberapa detik kemudian pesawat meledak dan dan mengeluarkan asap hitam membumbung tinggi ke atas langit.

"Saksi mata memfilmkan jatuhnya Kubinka Il-112 dekat Moskow. Rekaman itu menunjukkan bagaimana mesin pesawat terbaru terbakar," tulis keterangan video, seperti dikutip Indozone, Rabu (18/8/2021).

Sementara itu, berdasarkan keterangan dari juru bicara United Aircraft Corporation (UAC) , pesawat itu membawa tiga awak yang semuanya dinyatakan meninggal dunia. 

Pesawat diterbangkan oleh Kepala pilot Perusahaan Pesawat Ilyushin, pilot uji kelas 1, sekaligus Pahlawan Rusia Nikolai Kuimov, pilot uji kelas 1 Dmitry Komaro, dan insinyur penerbangan uji kelas 1 Nikolai Khludeyev.

UAC menjelaskan bahwa pesawat jatuh pukul 11.18 waktu setempat yang diakibatkan kebakaran mesin pada mesin sayap bagian kanan. 

"Berdasarkan informasi dari lokasi kecelakaan, tidak ada yang selamat. Kami menyampaikan belasungkawa kepada keluarga dan kerabat korban — Nikolai Kuimov, Dmitry Komarov, dan Nikolai Khludeyev," kata juru bicara UAC.

 

Sumber: indozone.id