Camilan Khas Makassar – Makasar jadi salah satunya tujuan rekreasi favorite pelancong lokal atau luar negeri karena kekayaan daya tarik baharinya. Bermacam rekreasi dapat dicicipi dimulai dari rekreasi alam sampai kulinerannya.

Rasanya belum komplet bila bertandang ke Kota ini tidak bawa oleh-olehan asli Makassar. Tidak boleh cemas karena kota ini punyai bermacam keunikan yang dapat Anda menjadikan oleh-oleh.

Tidak cuman berbentuk barang kain tenun, aksesori dan kerajinan tangan. Tetapi, ada bermacam cemilan yang pantas Anda membawa sebagai oleh-olehan ciri khas Makassar. Berikut lima cemilan yang terkenal sebagai oleh-olehan ciri khas Makassar sebagaimana dirangkum :

5 Camilan Khas Makassar Ini Cocok Buat Oleh-Oleh
5 Camilan Khas Makassar Ini Cocok Buat Oleh-Oleh

1. Kue Kurma

Camilan satu itu jadi salah satunya oleh-olehan yang harus Anda membawa pulang ke rumah. Banyak toko oleh-olehan Makassar yang menawarkan kue ini. Walau namanya kue kurma, cemilan ini tidak memiliki kandungan buah kurma sama sekalipun.

Kue kurma dibuat dari mentega, telur, tepung terigu, maizena yang dibalut dengan karamel hingga serupa dengan kurma. Saat itu, bebatan kacang tanah atau kacang kenari yang membuat cita-rasa kue ini berasa manis dan renyah saat melahapnya.

2. Bannang-Bannang

Namanya saja kedengar asing untuk Anda yang masih belum pernah mencicip oleh-olehan ciri khas Makassar ini. Nama bannang-bannang dapat disimpulkan sebagai benang-benang, kue yang dibuat berbahan dasar tepung beras dan gula merah ini mempunyai wujud seperti benang kusut.

Kue ini kerap ada di sejumlah acara tradisi Makassar seperti acara lamaran atau pernikahan. Kue ini pas sekali jadi oleh-oleh Anda untuk fans makanan manis.

3. Kacang “sembunyi”

Kacang sembunyi bukan memiliki arti kembali sembunyi lho ya. Cemilan ciri khas Makassar ini mempunyai cita-rasa dan wujud yang unik. Cemilan ini memiliki bahan dasar kacang tanah yang “diselinapkan” dengan tepung hingga membuat penampilannya menarik. Rasa manis dan renyah dari kacang sembunyi ini bisa membuat Anda suka.

Ditambah dengan rasa karamel dari kulit kacang sembunyi sangat terasa gurih dan tagih. Cemilan ini benar-benar pas untuk jadi rekan saat santai disaat capek. Anda dapat dapatkan kacang sembunyi ini di pusat oleh-olehan Makassar atau pasar tradisionil.

4. Kerupuk jintan

Salah satu camilan yang harus jadi daftar oleh-olehan saat di Makassar yaitu krupuk jintan. Tidaklah aneh bila krupuk jintan tersedia banyak di beberapa pusat oleh-olehan Makassar.

Tipe cemilan ini seringkali dikatakan sebagai kue kering karena memiliki bentuk yang tidak seperti krupuk, tetapi saat melahapnya akan berasa renyah.

Krupuk jintan dibuat dari tepung terigu, soda kue, vanili, telur dan jintan hitam yang beraroma ciri khas. Kabarnya cemilan ini begitu nikmat dikonsumsi bersama satu cangkir teh hangat sambil bersantai.

5. Kacang disco

Mendengar namanya saja tentu Anda akan bingung, tetapi tidak boleh salah kacang disco ini rupanya jadi unggulan oleh-olehan dari negeri figur pahlawan Sultan Hasanuddin.

Ada bermacam variasi rasa dari kacang disco ini, dimulai dari orisinal sampai berasa rempah. Rasanya yang renyah, gurih dan sedikit manis membuat cemilan ini disukai warga Makassar. Hingga kacang disco benar-benar pas jadi oleh-oleh alias oleh-olehan untuk keluarga di rumah.