Jenis Gudeg di Yogyakarta – Pengen mencicip citarasa asli Jogja? Gudeg ialah makanan yang harus dicoba. Dibuat dari buah nangka muda yang diolah bersama santan, gudeg populer karena rasa manisnya yang legit. Umumnya gudeg dikonsumsi bersama sambal krecek yang dibuat dari potongan kulit sapi. Agar semakin komplet, juga bisa ditambahkan lauk-pauk seperti telur dan daging ayam.

Tetapi tahukah kamu, sebenarnya ada bermacam tipe gudeg di Yogyakarta. Tidak hanya gudeg manis yang sepanjang ini lebih banyak dikenali, ada bermacam jenis gudeg yang lain mempunyai beragama cita-rasa. Dari gudeg yang renyah, pedas membara, sampai unik sekali, semuanya ada lo. Nach, agar kamu tidak bingung, berikut Hipwee Travel menyuguhkan beberapa tempat makan gudeg dan alamat, harga, dan info yang lain.

5 Jenis Gudeg di Yogyakarta yang Perlu Kamu Tahu
5 Jenis Gudeg di Yogyakarta yang Perlu Kamu Tahu

Sensasi gudeg kering yang lezat sanggup menggoyang lidah. Bisa awet lebih lama dan cocok banget untuk jadi oleh-oleh

Sesuai namanya, gudeg kering dihidangkan pada kondisi kering tanpa kuah areh. Rasanya lebih manis karena diolah beberapa jam sampai kuahnya kering dan bumbunya menyerap. Gudeg ini dapat jadi oleh-olehan karena tahan 24 jam tanpa ditempatkan kulkas.

Berikut salah satunya warung makan gudeg terpopuler di Jogja! Kecuali langsung dimakan, juga bisa dibuntel dalam paket besek (tempat dari anyaman bambu) dan kendil (periuk). Sekarang ini telah ada beberapa cabang di Jalan Kaliurang, Jalan Adisucipto, Wates, Wonosari, dan sebagainya.

Dengan tambahan kuah, gudeg basah jadi makin nikmat. Rasa manisnya juga berkurang dan dapat semakin diterima beberapa orang di luar Yogyakarta

Gudeg basah ialah tipe gudeg yang terpopuler dan mudah ditemui di Yogyakarta. Plus tambahan kuah areh atau santan yang kental, sepiring gudeg jadi berasa semakin nikmat. Bahkan juga dapat dikonsumsi bersama bubur untuk makan pagi!

Gudeg mercon yang ditambahkan cabe rawit pas untukmu yang menyukai makanan pedas. Ditanggung senang dan keringatan saat menyantapnya

Siapa ngomong gudeg harus manis? Gudeg mercon pas untuk beberapa orang yang menyukai rasa pedas menggigit. Dengan taburan banyak cabe rawit, gudeg ini dapat membuat kamu kepedasan sekalian suka. Nikmat sekali!

Bosan dengan tipe gudeg yang umum? Coba yang lebih unik seperti gudeg manggar, gudeg nyemek, dan gudeg koyor

Rupanya gudeg tidak cuman dibuat dari buah nangka muda. Ada bermacam macam yang lain sedap lo! Misalnya ialah gudeg manggar, gudeg koyor, gudeg nyemek (berkuah dan teksturnya benyek), gudeg ceker, gudeg pecel, dan sebagainya.

Itu jejeran tempat makan di Yogyakarta yang jual gudeg. Rupanya menu dan harga bervariatif sekali ya! Tinggal tentukan yang sesuai keinginanmu. Ingat, kamu belum syah tinggal atau berlibur di Jogja jika belum mencicip gudeg.